Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU PRINGSEWU GELAR APEL SIAGA MASA TENANG PEMILU TAHUN 2024 DI KABUPATEN PRINGSEWU

BAWASLU PRINGSEWU GELAR APEL MASA TENANG PEMILU TAHUN 2024 DI KABUPATEN PRINGSEWU

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pringsewu menggelar apel siaga Pengawasan Tahapan Masa Tenang dalam Pemilu Serentak Tahun 2024. Acara ini berlangsung di Lapangan Pendopo Kecamatan Pringsewu pada Minggu (11/2). Apel tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan dan sinergitas seluruh pihak terkait dalam mengawasi dan menjaga kelancaran proses pemilu di Kabupaten Pringsewu.

 

Pj Bupati Kabupaten Pringsewu, Adi Erlansyah, bertindak sebagai Pembina Apel. Dalam sambutannya, Adi Erlansyah menyampaikan harapannya agar pemilu tahun 2024 di Kabupaten Pringsewu berjalan secara kondusif hingga selesai masa tenang dan pemilihan. Ia menyoroti pentingnya sinergitas antara Bawaslu, forkopimda, TNI, Polri, penyelenggara pemilu, dan seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Pringsewu.

 

Adi Erlansyah juga mengapresiasi sinergitas dalam melaksanakan tugas dan kewajiban untuk mewujudkan pemilu yang damai, dengan tujuan meningkatkan rasa aman bagi warga masyarakat di Kabupaten Pringsewu. Ia menekankan bahwa keberhasilan pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu, melainkan seluruh elemen masyarakat, dengan menjalin sinergitas yang kuat antara penyelenggara pemilu, forkopimda, aparat keamanan, dan seluruh lapisan masyarakat.

 

Ketua Bawaslu Pringsewu, Suprondi, dalam arahannya menekankan optimalisasi pengawasan pada masa tenang. Ia mengajak seluruh jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Pringsewu untuk memaknai penyelenggaran pemilu secara utuh sesuai dengan regulasi yang berlaku. Suprondi menambahkan pentingnya menjaga kondusifitas dan keamanan selama masa tenang, serta memastikan penyamaan persepsi berlangsung aman dan tertib.

 

Suprondi menegaskan bahwa Bawaslu telah melakukan identifikasi kerawanan pada masa tenang, masa pemungutan suara, dan pasca pemungutan suara. Ia menegaskan larangan peserta pemilu untuk melakukan hal-hal yang dapat mengarah pada dugaan pelanggaran, yang akan ditindak tegas oleh Bawaslu.

 

Ketua Bawaslu Pringsewu juga menekankan pentingnya dukungan dari semua pihak dalam menjalankan tugas pengawasan. Dalam patroli masa tenang, ia berharap dukungan dari forkopimda untuk bersama-sama menertibkan alat peraga kampanye yang melanggar pada masa tenang.

 

Semua pihak diharapkan bersinergi dan berkolaborasi demi suksesnya Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Pringsewu dengan menciptakan lingkungan yang kondusif dan aman bagi seluruh warga masyarakat.